Mekanisme Tampilan Grafik Scene Komputer
Assalammualaikum
wr.wb pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk mereview tentang Mekanisme tampilan Grafik Scene komputer, guna memenuhi Tugas Softskil Juni
2016 Untuk Universitas Gunadarma.
Sebelum
memasuki topik utama, alangkah baiknya kita harus mengenai elemen-elemen dan
konsep-konsep dalam Mekanisme tampilan Grafik Scene Komputer, yang dimana mulai
dari Visibility
1.
Visibility
Adalah tampilan grafik scene game pada komputer.
Bagaimana sebuah game terlihat oleh user agar menarik dan berkualitas sehingga
user menikmati game tersebut.
Biasanya pada video game terdapat
istilah scene 2.5D. Sebenarnya istilah tersebut tidak berbeda jauh dari
scene 2D (dua dimensi). Hanya saja 2.5D memiliki beberapa fitur tambahan berupa
efek cahaya, bayangan dan sebagainya yang dibuat agar seakan-akan
menyerupai scene 3D.
2. Jenis Pemodelan grafik pada Game
- Dua Dimensi
Adalah yang dimana dimensi panjang dan lebar dalam
satu bidang datar, jadi hanya ada panjang dan lebar saja tanpa adanya dimensi
tebal. Bidang dua dimensi dapat digambarkan dengan sumbu X dan Y.
Sebelah
kiri 2D, Sebelah kanan 3D
-
Tiga Dimensi
Adalah
adanya dimensi tebal pada gambar sehingga menjadikan gambar jauh lebih nyata
dari pada gambar dua dimensi. Bisaanya bidang tiga dimensi dinyatakan dengan
sumbu X Y dan Z.
Sebelah
kiri 2D, Sebelah kanan 3D
3. Penampilan Grafik Scene Pada Komputer
- LOD
Dalam komputer grafis, akuntansi untuk tingkat
detail melibatkan menurunkan kompleksitas representasi objek 3D seperti
bergerak menjauh dari penampil atau sesuai metrik lainnya seperti objek
penting, kecepatan sudut pandang-relatif atau posisi.
Tingkat teknik detil meningkatkan efisiensi render dengan mengurangi beban
kerja pada tahap pipa grafis, transformasi biasanya simpul. Kualitas visual
berkurang dari model sering diperhatikan karena efek kecil pada objek muncul
ketika jauh atau bergerak cepat.
Meskipun sebagian besar waktu LOD diterapkan untuk geometri rinci saja, konsep dasar bisa disamaratakan. Baru-baru ini, teknik LOD termasuk manajemen juga shader untuk tetap mengontrol kompleksitas pixel.
Suatu bentuk tingkat manajemen detail telah diterapkan untuk tekstur selama bertahun-tahun, di bawah nama mipmapping, juga memberikan kualitas rendering yang lebih tinggi.
Ini adalah hal yang lumrah untuk mengatakan bahwa “sebuah objek telah LOD’d” ketika objek disederhanakan oleh mendasari algoritma LOD-ing.
- Terrain LOD Dalam suatu game, Terrain merupakan model yang sangat besar. Membuat setiap pointnya secara eksplisit sangatlah tidak mungkin, maka metoda untuk mengotomatiskan pembangkitan Terrain merupakan hal biasa.
Ketika proses rendering, sebagian dari Terrain tertutup dan sebagian lain sangat jauh, oleh karena itu dikembangkanlah Terrain LOD algorithms.
Terrain, atau sering juga disebut dataran, merupakan salah satu data yang penting dalam pemodelan pemograman grafik.
Terrain umumnya diimplementasikan untuk obyek – obyek yang statis.
Salah satu implementasi terrain yang banyak digunakan adalah dalam pemodelan lanskap. Contoh pemodelan lanskap adalah pemodelan bentangan tanah, pinggiran pantai, pegunungan dan lain sebagainya. Penggunaan visualisasi terrain sebagai model lansekap ini banyak didapati dalam game motor rally dan real – time strategy.
Meskipun sebagian besar waktu LOD diterapkan untuk geometri rinci saja, konsep dasar bisa disamaratakan. Baru-baru ini, teknik LOD termasuk manajemen juga shader untuk tetap mengontrol kompleksitas pixel.
Suatu bentuk tingkat manajemen detail telah diterapkan untuk tekstur selama bertahun-tahun, di bawah nama mipmapping, juga memberikan kualitas rendering yang lebih tinggi.
Ini adalah hal yang lumrah untuk mengatakan bahwa “sebuah objek telah LOD’d” ketika objek disederhanakan oleh mendasari algoritma LOD-ing.
- Terrain LOD Dalam suatu game, Terrain merupakan model yang sangat besar. Membuat setiap pointnya secara eksplisit sangatlah tidak mungkin, maka metoda untuk mengotomatiskan pembangkitan Terrain merupakan hal biasa.
Ketika proses rendering, sebagian dari Terrain tertutup dan sebagian lain sangat jauh, oleh karena itu dikembangkanlah Terrain LOD algorithms.
Terrain, atau sering juga disebut dataran, merupakan salah satu data yang penting dalam pemodelan pemograman grafik.
Terrain umumnya diimplementasikan untuk obyek – obyek yang statis.
Salah satu implementasi terrain yang banyak digunakan adalah dalam pemodelan lanskap. Contoh pemodelan lanskap adalah pemodelan bentangan tanah, pinggiran pantai, pegunungan dan lain sebagainya. Penggunaan visualisasi terrain sebagai model lansekap ini banyak didapati dalam game motor rally dan real – time strategy.
- Perbandingan Terrain LOD dengan Traditional LOD
Perbandingan dengan Traditional LOD adalah tergantung pada bagaimana data itu dibagi dalam perlakuan hirarkinya.
Referensi :
http://muhammadyudistira.blogspot.co.id/2016/03/tugas-pengantar-teknologi-game-i.html?view=sidebar
http://cobadibacalagi.blogspot.co.id/2013/07/scene-25d-level-of-detail-lod.html
http://tugaslagitugas.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-sederhana-tentang-apa-itu-2d.html
No comments:
Post a Comment