Selamat Datang Di Blog Andre Rizqi Wiguna

Monday, June 5, 2017

Menghargai Waktu

Menghargai Waktu


Ada Beberapa pribahasa untuk kita dapat lebih dalam memahami betapa pentingnya waktu seperti “Waktu adalah Uang”  atau “Waktu Ibarat Pedang” kedua peribahasa tersebut sama – sama memiliki arti yang sama tetapi dari sudut pandang yang berbeda, Pada kalimat pertama “waktu adalah uang” dapat diartikan sebagai berikut : Hindarilah pemborosan waktu yang tidak bermanfaat. Sehingga semakin hari semakin hanyut dan tenggelam dalam kerugian. dan dapat membuat penyesalan berkepanjangan jika melihat orang berhasil. Kemudian Pada kalimat kedua “waktu ibarat pedang” dapat diartikan sebagai berikut : jika engkau tidak menebasnya maka ialah yang menebasmu. Dan jiwamu jika tidak kau sibukkan di dalam kebenaran maka ia akan menyibukkanmu dalam kebatilan.” Kalimat tadi menunjukkan bahwa betapa pentingnya manusia untuk dapat mengelola waktu yang dimilikinya.
Banyak sekali masalah yang akan kita dapatkan jika kita tidak bisa menghargai waktu diantaranya adalah Pola hidup yang tidak teratur, Tidak Bertanggung jawab, Stress, dan lain – lain.
Terkadang manusia selalu tak lupt dari kesalahan, namun manusia juga harus berusaha melakukan yang terbaik agar kesalah tidak sering di dapat. Seperti hal nya terlambat dalam suatu hal karena di sebabkan oleh diri nya sendiri yang prioritas pekerjaan nya tidak teratur dengan baik. Hal ini bisa juga di sebut dengan kata "ngaret". Mempunyai kebiasaan ngaret, berarti orang tersebut tidak bisa mengatur suatu pekerjaan dengan baik sehingga waktu nya juga tidak berjalan dengan baik.
Sesuatu yang mudah diucapkan tetapi sulit untuk diterapkan oleh diri ini atau mungkin oleh sebagian besar manusia adalah memanfaatkan waktu.  Banyak sekali hal yang sudah direncanakan tetapi batal dilakukan hanya gara-gara tidak pandai memanfaatkan waktu. Padahal waktu tidak akan pernah kembali, waktu tidak pernah bisa kembali. Membiarkan waktu terbuang sia-sia dengan anggapan esok masih ada waktu merupakan salah satu tanda tidak memahami pentingnya waktu. Padahal waktu dan kesempatan tidak pernah datang untuk kedua kalinya atau tidak pernah terulang. Ada pepatah Arab yang menyebutkan, “ Tidak akan kembali hari-hari yang telah lampau”. Bahkan Rasulullah SAW bersabda, “Ada dua nikmat, dimana banyak manusia tertipu di dalamnya, yakni kesehatan dan kesempatan.” (HR Bukhori).
Tidak Bertanggung Jawab
Sewaktu masih masa-masa pendekatan sama si dia, pencitraan harus dilakukan dengan datang tepat waktu saat pertama kali ketemuan. Tapi saat pacaran, sifat asli ketahuan juga bahwa suka menunda-nunda pekerjaan yang membuat kamu ngaret parah. Dampak nya, maka pacar kamu akan menganggap kamu sebagai orang yang tidak bertanggung jawab dalam masalah waktu. Parah nya lagi jika pacar kamu sudah mempunyai pikiran ngelanjutin hubungan atau tidak. Usahain dalam hal ini kamu harus lebih memprioritaskan waktu untuk janjian bersama seseorang.
Stress
Jika sudah telat atau ngaret parah, pasti akan mengalami stress, karena kamu sudah merasa capek karena di buru-buru dan tidak tenang. Dengan masih ada sisa-sisa emosi dan menyalahkan hal yang membuat mu telat, maka ketemuan yang seharus nya have fun malah membuat kamu merasa tidak nyaman, dan alhasil stress melanda kamu.
Kesimpulan
Marilah kita memanfaatkan waktu dan kesempatan yang kita miliki untuk melakukan hal-hal yang produktif, sehingga tidak terbuang percuma. Kita tidak pernah tahu berapa banyak waktu yang kita miliki karenanya selagi kita masih memilikinya kita harus mampu memanfaatkan sebaik-baiknya, sabda Rasulullah SAW, “Sebaik-baik manusia adalah orang yang diberi panjang umur dan baik amalannya, dan sejelek-jelek manusia adalah orang yang diberi panjang umur dan jelek amalannya.” (HR. Ahmad).

No comments:

Post a Comment