Selamat Datang Di Blog Andre Rizqi Wiguna

Tuesday, March 28, 2017

Analisa Website Berbasis Komputasi Modern

TUGAS PENGANTAR KOMPUTASI MODERN

Assalammualaikum wr.wb pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membuat review dari sebuah website e-commerce yang dimana penggunaan website e-commerce ini sangat bermanfaat untuk zaman yang sudah modern ini, karena sudah tidak zaman nya lagi beli sesuatu harus repot – repot dating ke toko fisik yang menguras tenaga, pikiran dan materi.
Saya akan mereview sebuah website e-commerce yaitu : http://www.jogjabolic.com dengan menyertakan berbagai fungsi didalam nya, seperti tombol navigasi berupa menu – menu sampai dengan submenu yang ada didalamnya, dengan tujuan untuk memenuhi tugas Softskill pada semester 8 (delapan) ini. Tanpa berkata lebih banyak lagi, mari langsung kita ke TKP.

Jogja Bolik dot com
Begitulah yang akan langsung terlihat ketika membuka website ini pada halaman home. Website e-commerce ini adalah sebuah web yang menjual berbagai peralatan networking yang cukup lengkap dan cukup murah jika dibandingkan dengan website yang bergerak sama dibidang nya.
Jogja Bolik dot com init mempunyai satu cabang di kota Medan ( Jl. Sutrisno No.356 A/G Sukaramai Medan (Toko Mas Djamangarap/Nadya Ponsel ) dan kantor pusat yang berdomisili di Yogyakarta (Jl.Kapas No.7 Kledokan CaturTunggal Sleman Yogyakarta), website ini sangat memperhatikan kebutuhan konsumen yang dimana selalu mengupdate barang terbaru, bahkan sampai harga terbaru yang dapat berubah karena pergerakan kurs asing dan juga customer service yang selalu siap sedia untuk melayani berbagai pertanyaan konsumen dalam proses pembelian atau bahkan sekedar bertanya saja untuk produk tertentu.


Halaman Awal











Gambar diatas adalah gambar yang akan muncul ketika anda membuka website www.jogjabolic.com yang dimana ada tulisan “Sugeng rawuh” yang berarti adalah suatu ungkapan yang ngemu doa atau harapan agar yang diberi ucapan juga dalam keadaan serba selamat serta mengungkapkan juga kebahagiaan karena didatangi. Kemudian terlihat tulisan “offline” yang dimana itu adalah tempat untuk para customer untuk melakukan transaksi ataupun hanya bertanya – Tanya mengenai produk yang ada didalam website ini.
Menu Kategori
 

Banyak sekali menu – menu yang terdapat pada website ini, yang dimana pada website ini hanya diberikan 2 ( Dua ) Menu untuk produk yaitu : Paketan dan Perangkat. Kemudian pada bagian paling bawah akan terlihat link “Cara order & Ketentuan Garansi” dan juga terdapat contact center yang siap melayani anda ketika CS website offline.
Menu Paketan
Pada menu ini pembeli tidak perlu repot – repot untuk membeli satu – satu dalam prosesnya, dikarenakan pada menu ini akan banyak list yang tersedia yang ditujukan untuk produk dalam satu paket. Sebagai contoh pada menu ini menyediakan paket RT/RW Net seperti ini :




Pada paket ini sudah disediakan seluruh perangkat yang dibutuhkan dalam membangun infrastruktur pembuatan suatu pemancar, yang dimana pembeli bisa memilih mau menggunakan perangkat yang lebih mahal atau yang lebih murah tergantung kebutuhan masing – masing dilapangan.

Menu Perangkat
Selain menu paketan, pada menu perangkat juga disediakan untuk pembeli yang ingin membeli produk nya secara satuan yang dimana pada menu perangkat ini, produk yang disediakan juga terlihat cukup lengkap dan disertai dengan pilihat harga dari yang murah sampai dengan yang mahal. Tampilan Menu Perangkat seperti gambar dibawah ini :











Menu Cara Order
Pada Website ini bisa dibilang cukup unik, dikarenakan proses order ( pembelian barang ) menggunakan email atau via chat ( Whatsapp, Bbm, Sms ) yang dimana bagi sebagian orang cara ini bisa menguntungkan ataupun merugikan dan pada bagian ini juga diberikan informasi untuk Pelunasan menggunakan berbagai Bank yang tersedia dibawahnya lengkap dengan nama Penerima.














Contact Person
Terdapat 2 CP ( Contact Person ) yang dimana satu beralamat di Jogjakarta dan yang satunya lagi beralamat di Medan ( Kantor Cabang ). CP ini sangat penting untuk digunakan sebagai proses transaksi yang dilakukan pada web www.jogjabolic.com dengan disertakan googlearth sebagai titik kordinat toko fisik di kota masing – masing.





























Analisa
A. Kelebihan Website
·    Website ini sangat simple yang dimana maksud dari simple ini adalah ketika kita masuk pada halaman awal, daftar semua perangkat yang kita butuhkan akan muncul di satu halaman yang tentunya dapat kita cari dengan menggunakan bantuan keyboard searching yaitu dengan menekan tombol “Ctrl + F” dan mengetikkan perangkat yang kita cari, lalu enter. Maka produk yang kita cari akan langsung ketemu saat itu juga tanpa repot – repot mengklik satu persatu sub menu.
·   Website ini mempunyai sertifikat “Polisi Online” yang dimana logo ini sangat penting untuk membangun citra sebuah website yang menunjukan bahwa website ini aman dan telah melewati proses validasi uji keamanan toko online.
·      Disediakan contact center yang banyak, yang dimana ini sangat bermanfaat ketika satu contact center sedang tidak ada ditempat, maka kita bisa menanyakan pada contact center lain nya sehingga tidak membuat “wasting time”
B. Kekurangan Website
·    Tidak terdapat interface yang dapat menarik pengunjung, sebenarnya ini tidak terlalu masalah untuk pengunjung yang hanya mencari barang dengan kualitas bagus dan harga murah, tetapi ketika ada pengunjung yang “perfectionis” ini akan mengurangin daya beli web tersebut.
·   Pada pembayaran website ini tidak mengatasnamakan Nama Perusahaan, alias proses transfer akan dikirim ke nama Perorangan.
·        Tidak terdapat pilihan COD ( Cash On Delivery ) untuk seluruh area Indonesia, dikarenakan lokasi toko saat ini hanya berpusat di daerah Jogja dan Medan saja.

No comments:

Post a Comment